cara membuat artikel di website

Cara Membuat Artikel di Website, Panduan Lengkap

4.8/5 - (10 votes)

Penerbit Buku – Artikel merupakan tulisan yang memuat tema tertentu dan sebagai bentuk penyampaian pikiran pada suatu fenomena yang dibahas. Cara membuat artikel di website tidak sulit, cukup dengan 12 cara saja Kamu sudah dapat membuatnya.

Siapa saja bisa membuat artikel untuk mengutarakan pandangan terhadap suatu hal yang berbentuk tulisan. Artikel mudah kita temui pada media digital seperti website.

Walaupun membuat artikel oleh sebagian orang dianggap mudah, tetapi masih ada yang merasa membuat artikel itu sulit. Biasanya ada juga yang membuatnya secara asal-asalan sesuai apa yang mereka tahu saja.

Lantas apa yang akan terjadi? Tentu kualitas tidak sebaik artikel yang dibuat dengan baik dan benar. Berikut ini adalah panduan lengkap menjadi content writer sebuah website:

Panduan Cara Membuat Artikel di Website

Cara Membuat Artikel di Website

1. Pemilihan Tema

Pertama kali yang harus dilakukan ketika membuat artikel di website adalah pemilihan tema. Pastikan memilih tema semenarik mungkin. Tidak perlu ambil pusing ketika menentukan tema. Coba lihat disekitar, apakah ada isu menarik yang dapat diangkat menjadi tema.

Alangkah baiknya jika tema yang dipilih mudah untuk dipahami masyarakat secara umum. Tujuannya agar masyarakat tertarik untuk membaca artikel yang dibuat.

Ada juga cara yang efektif untuk menemukan sebuah tema. Cara tersebut adalah melakukan riset, observasi atau penelitian terlebih dahulu.

Dalam pemilihan tema, jangan sampai memilih tema yang dapat menyulitkan Kamu sebagai penulis. Dengan pemilihan tema yang sesuai, maka ketika kita menulis artikel jadi lebih enjoy dan menikmati.

2. Menentukan Sudut Pandang

Sudut pandang merupakan cara membuat artikel di website supaya artikel yang dibuat berbeda dengan artikel lainnya. Berbeda yang dimaksud disini ialah kebaruan dan keaslian dari artikel yang dibuat.

Ketika kita membuat artikel, tidak menutup kemungkinan pembahasan kita sama dengan karya yang telah dibuat oleh orang lain. Nah berangkat dari hal tersebut, kita perlu mempertimbangkan sudut pandang agar artikel kita terdapat perbedaan dengan artikel terdahulu.

Sudut pandang juga merujuk pada pembuatan judul yang menarik. Judul dapat ditulis erlebih terdahulu supaya tulisan kita tidak keluar dari tema yang diangkat.

Pada penentuan sudut pandang ini cobalah untuk membuat unsur 5 W 1 H (What, Who, When, Where, Why, How). Unsur ini sangat berguna dalam menentukan sudut pandang.

Baca juga: Cara Membuat Abstrak pada Karya Tulis Ilmiah

3. Menggali Bahan Artikel Sebanyak-banyaknya

Ketika kita akan membuat artikel di website, membuat artikel yang baik dan benar diperlukan untuk menggali dan mengumpulkan bahan sebanyak mungkin. Bahan artikel dapat dikumpulkan dari riset, wawancara, maupun observasi. 

Bahan untuk membuat materi artikel inilah yang menjadi dasar dalam pembuatan kerangka tulisan. Jadi, lakukan sebuah riset, wawancara atau observasi terlebih dahulu sebelum menulis artikel ya!

4. Referensi yang Cocok

Setiap tulisan baik artikel atau tulisan lainnya, pasti memerlukan yang namanya referensi. Referensi ini berguna untuk mendukung tulisan yang dibuat. Tanpa referensi, artikel kita sepenuhnya merupakan pendapat pribadi. Dengan demikian, artikel yang dibuat akan dipertanyakan keakuratannya.

Perlu diingat, bahwa sumber referensi bukan meniru gagasan yang ada, tetapi untuk mempelajari apa saja yang belum diketahui dari topik pembahasan. Dapat dikatakan, sumber referensi ini akan mendukung keakuratan artikel.

Referensi dapat diambil dari buku, jurnal, website, wawancara pribadi, berita, dan lain sebagainya yang senada dengan topik pembahasan artikel. Namun, dalam memilih sumber referensi jangan memilih sembarangan. Seleksi kualitas dari sumber referensi.

5. Buat Kerangka Tulisan

Cara membuat artikel di website berikutnya memasuki pada tahap kerangka. Secara garis besar kerangka ini merupakan penulisan kasar atau poin-poin saja.

Kerangka tulisan bertujuan agar artikel yang dibuat dapat tersusun secara sistematis. Dengan begitu, ketika kita berada ditahap menulis artikel, kita sudah tidak bingung lagi pada urutan tulisan.

6. Menulis Artikel

Setelah menyelesaikan kelima tahap di atas, kita telah memasuki tahap yang penting. Mengapa penting? Pada tahap inilah kita menulis agar menjadi sebuah artikel yang utuh.

Dalam menulis artikel pahami apa saja yang harus diperhatikan. Mengolah tulisan agar menjadi baik dan benar tentu diperlukan keseriusan.

Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan:

  • Gaya Bahasa: Kamu perlu menentukan gaya bahasa seperti apa yang akan digunakan. Usahakan menggunakan gaya bahasa sendiri. Ketika kita menggunakan gaya bahasa sendiri akan memudahkan proses menulis. Gaya bahasa yang baik akan mendapatkan pembaca yang lebih banyak.
  • Kaidah Kebahasaan: Kalau yang satu ini sangat penting untuk diperhatikan. Menulis apapun itu harus sesuai dengan kaidah kebahasaan. Dalam menulis artikel, hindari penggunaan kata yang sama dalam satu paragraf. Namun, jika terpaksa memakai kata yang sama, carilah padanan atau sinonim dari kata tersebut.

Selain itu perhatikan juga pemakaian tkamu baca dan kalimat. Ketika menulis, kita tidak boleh asal-asalan dalam mencantumkna dan meletakkan tkamu baca. Jika salah, maka makna tulisan kita bisa saja berbeda.

Begitu juga dengan kalimat. Membuat kalimat yang baik dan benar memang tidak mudah. Kita harus memperhatikan unsur-unsur yang harus ada dalam pembuatan kalimat. Kamu dapat mempelajarinya dari PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia).

7. Menulis Pembukaan yang Mengundang Rasa Penasaran

Terdapat trik yang membuat pembukaan artikel menjadikan rasa penasaran siapapun yang sedang membaca. Struktur artikel yang pertama ini merupakan salah cara membuat artikel di website. Yakni harus harus mengundang rasa penasaran.

Ketika membuat pembukaan artikel jangan membuatnya terlalu panjang. Hal itu akan membuat pembaca merasa jenuh di awal tulisan. Nah sebaiknya buatlah yang ringkas tetapi menarik.

Kamu juga dapat menyisipkan pertanyaan agar pembaca jadi penasaran dan melanjutkan membaca pada bagian isi. Lalu, isikan pula “keyword” atau kata kunci yang diangkat.

Tulisan lainnya: Contoh Penulisan Daftar Pustaka yang Benar

8. Menulis Isi

Tiga struktur dalam membuat artikel yang kedua adalah isi. Nah pada bagian isi inilah kita membahas dan menjelaskan dari tema yang telah ditetapkan. Pembutan isi ini juga harus diperhatikan.

Ketika kita menulis artikel, bagian isi harus dibuat sedetail mungkin dan harus mengandung informatif. Pembaca akan menemukan jawaban yang diinginkan pada bagian isi.

Jadi, buatlah isi yang informatif. Isi yang baik mampu memberikan jawaban dan solusi kepada pembaca.

9. Penutup atau Simpulan

Strustur ketiga dalam membuat artikel adalah simpulan. Pada simpulan ini tidak perlu membuatnya panjang lebar. Cara membuat artikel di website pada bagian simpulan cukup tulis pernyataan yang mencakup keseluruhan isi.

Selain itu, dapat disisipkan pertanyaan bagaimana reaksi setelah membaca artikel. Kamu juga dapat berbasa-basi pada bagian ini agar pembaca merasa rileks sesudah membaca isi artikel.

10. Gambar Pendukung dan Pendukung Lainnya

Membuat artikel menjadi lebih menarik dapat dilakukan dengan cara menyisipkan gambar pendukung. Dalam penyisipan gambar jangan sembarangan ya, sesuaikan dengan topik pembahasan.

Minimal dalam membuat artikel harus ada gambar pendukung. Tujuannya untuk memperjelas konsep pada artikel yang telah dibuat.

Selain gambar, ada pula unsur pendukung lainnya. Unsur pendukung tersebut bisa berupa video, grafik, tabel, dan ilustrasi sejenisnya.

11. Pemakaian Heading

Penggunaan heading adalah cara membuat artikel di website agar mempermudah pembaca dalam memahami artikel. Tidak semua pembaca akan membaca keseluruhan teks artikel yang dibuat, sehingga heading sangat penting bagi pembaca.

Selain pembaca, heading juga penting untuk mesin pencari atau google. Artikel yang dibuat untuk website heading dapat mempermudah mesin pencari dalam mengindex artikel.

12. Baca Ulang dan Perbaiki Kesalahan

Artikel sudah selesai dibuat? Eitss, jangan langsung dipublikasikan ya! Kita perlu mengecek kembali apakah ada kesalahan baik dari tulisan maupun unsur pendukung lainnya untuk diperbaiki cara membuat artikel yang baik dan benar terakhir ini termasuk pada tahap editing.

Tentunya syarat artikel yang berkualitas sudah sesuai dengan kaidah dan ketentuan. Setelah dilakukan editing dan dirasa sudah memenuhi kriteria artikel yang berkualitas, selesai sudah dalam membuat artikel yang baik dan benar.

Wahh bagaimana teman-teman? Ternyata cara membuat artikel di website tidak serumit yang dibayangkan ya. Dengan memahami 12 tips tersebut kamu sudah mempunyai bekal menjadi seorang Content Writer

Cara membuat artikel di atas dapat diterapkan ketika Kamu membuat artikel. Semoga bermanfaat!

Related Blog

Leave a CommentYour email address will not be published.