cara membuat artikel ilmiah

Cara Membuat Artikel Ilmiah yang Baik dan Benar

4.8/5 - (5 votes)

Penerbit Buku – Bagi kalian para mahasiswa memang tidak asing lagi dengan tulisan karya ilmiah. Cara membuat artikel ilmiah sebenarnya mudah. Namun, bagi kalian yang belum mengetahui cara membuatnya tentu merasa kesulitan.

Sebelumnya sudah pada tahu belum artikel ilmiah itu apa? Artikel ilmiah merupakan tulisan yang mengkaji suatu permasalahan tertentu.

Artikel ilmiah dalam penulisannya menyesuaikan dengan struktur artikel ilmiah. Biasanya artikel ilmiah ditulis yang kemudian mempublikasikannya pada jurnal baik internasional maupun nasional.

Membuat artikel ilmiah sering dilakukan oleh mahasiswa untuk mengukur kreatifitas dan kemampuan akademiknya. Biasanya dosen atau guru memberikan tugas membuat artikel ilmiah agar mahasiswanya mampu menyelesaikan permasalahan yang akan dikaji..

Dalam menulis artikel ilmiah harus dilakukan secara objektif. Permasalahan yang menjadi fokus kajian dikembangkan secara aktual.

Cara membuat artikel ilmiah menggunakan bahasa baku atau formal. Jadi jangan sampai dalam membuat artikel ilmiah menggunakan bahasa yang bebas, apalagi tidak sesuai dengan PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia).

Selain itu juga harus rasional.dan kritis. Analisis masalah dilakukan secara logis dan rasional dengan teori-teori yang digunakan. Seorang penulis artikel ilmiah harus memiliki pemikiran kritis terhadap permasalahan yang digagas.

Cara Membuat Artikel Ilmiah yang Benar

Cara Membuat Artikel Ilmiah

Agar membuat artikel ilmiah terasa mudah, Anda perlu membuatnya dengan memperhatikan struktur dari artikel ilmiah itu sendiri. Dengan memperhatikan struktur artikel ilmiah ini lah cara cepat untuk membuatnya.

1. Judul

Pertama-tama buatlah jdul yang menarik dan singkat. Judul tidak perlu ditulis panjang. Pada bagian judul ini lah yang akan pertama kali dibaca orang lain.

Judul sebaiknya dibuat secara ringkas maksimal 15 kata yang dapat menggambarkan keseluruhan isi.

Penulis harus mempertimbangkan dengan betul kira-kira judul seperti apa yang akan dibuat. Oleh karena itu, judul merupakan salah satu komponen dalam artikel ilmiah yang sifatnya sangat penting.

Baca juga: Cara Membuat Abstrak pada Karya Tulis Ilmiah

2. Informasi Penulis Artikel

Pada bagian ini akan menggambarkan siapa penulis dan darimana instansi penulis. Informasi penulis artikel merupakan hak kepemilikan dari tulisan. Dengan begitu, mencantumkan identitas kepemilikan harus sesuai.

3. Abstrak

Cara membuat artikel ilmiah selanjutnya adalah membuat abstrak. Abstrak merupakan bagian yang dapat menggambarkan bagaimana tulisan Anda secara keseluruan.

Penulisan abstrak dapat dilakukan dengan cara menuliskan permasalahan secara singkat, rumusan masalah, tujuan penelitian, metode penelitian, dan hasil dari penelitian. Pada umumnya, abstrak dapat ditulis dengan maksimal 250 kata.

4. Kata Kunci

Setelah menuliskan abstrak, langkah selanjutnya Anda perlu mencantumkan kata kunci atau keyword. Kata kunci dibuat dengan tujuan agar pembaca mudah untuk mencari dan menemukan artikel.

Pencantuman kata kunci sebaiknya ditulis secara relevan dan merupakan kata poin atau utama pada artikel ilmiah. Tidak perlu banyak-banyak membuat kata kunci, cukup 3-5 kata kunci saja. Penulisan kata kunci berada di bawah abstrak.

5. Pendahuluan

Tulis latar belakang permasalahan yang akan Anda bahas pada bagian pendahuluan. Anda perlu menonjolkan masalah-masalah yang akan diselesaikan. Pada bagian ini merupakan keterangan seberapa pentingkah penelitian Anda dilakukan.

Cara membuat artikel ilmiah yang bisa dikatakan menarik dapat dilihat pada penonjolan masalah pada pendahuluan. Selain argumentasi sendiri, Anda juga perlu menuliskan pendapat dari orang lain. Pendapat orang lain dapat dikutip dan sumber referensi yang nantinya harus dicantumkan pada daftar pustaka.

6. Metode Penelitian

Nah ketika membuat artikel ilmiah perlu untuk menuliskan metode penelitian yang dipakai. Metode ini merupakan cara yang dipakai untuk menyelesaikan permasalahan yang telah diangkat.

Anda perlu menjelaskan langkah-langkah dalam menyelesaikan penelitian. Hal ini terkait dengan jenis penelitian, data dan sumber data yang akan dianalisis, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data.

7. Hasil dan Pembahasan

Selanjutnya, cara membuat artikel ilmiah yang baik dan benar adalah menuliskan hasil dan pembahasan dari analisis data. Pada bagian inilah Anda harus menafsirkan hasil analisis data, jadi bukan data mentah.

Untuk mendukung pembahasan, dapat mencantumkan tabel, gambar, diagram, dan lain-lain yang akan mendukung analisis data jadi lebih akurat. Perlu menuliskan secara detail data-data yang diperoleh dari permasalahan yang diangkat.

Penting diperhatikan, buatlah hasil dan pembahasan yang menjawab dari rumusan masalah dan tujuan dari penelitian.Bagian ini memuat penafsiran bagaimana data yang diperoleh dan dikelompokkan dari metode penelitian yang telah digunakan dapat menghasilkan temuan yang diharapkan.

8. Simpulan

Membuat artikel yang baik dan benar juga harus menuliskan simpulan dari hasil dan pembahasan. Perlu diperhatikan dengan betul-betul, bahwa simpulan berisikan pernyataan singkat yang merujuk hasil pembahasan. Jadi, bukan penulisan ulang hasil dari penelitian.

Simpulan termasuk kebenaran dari permasalahan yang diteliti dan menjawab masalah yang telah dipilih. Tidak perlu menulis panjang pada bagian simpulan, cukup ditulis singkat, jelas, dan padat, tetapi dapat merujuk pada hasil dari penelitian.

Tulisan lainnya: Contoh Penulisan Daftar Pustaka yang Benar

9. Daftar Pustaka

Daftar pustaka yang merupakan daftar rujukan tidak lepas dari cara membuat artikel ilmiah. Daftar pustka ini dimaksudkan darimana saja Anda mengambil sumber referensi pada tulisan yang dibuat.

Pada bagian ini, perlu diperhatikan bagaimana membuat daftar pustaka yang sesuai aturan. Daftar pustka perlu dicantumkan sebagi bentuk kita dalam menghargai penulis.

Persiapan Menulis Artikel Ilmiah

Cara Membuat Artikel Ilmiah

Adapun hal-hal yang perlu dilakukan sebelum membuat artikel ilmiah adalah sebagai berikut:

1. Menentukan Tema

Sebelum melakukan pembuatan artikel ilmiah, tema sangat penting untuk ditentukan. Berangkat dari pemilihan tema inilah kita akan mudah untuk meuliskan judul dan mencari masalah yang akan diselesaikan.

Buat tema yang sederhana dan mudah dipahami. Hal tersebut sangat menguntungkan ketika mengambil permasalahan.

2. Kerangka Tulisan

Sebaiknya seorang penulis membuat kerangka tulisan yang berupa poin-poin penting yang akan dijabarkan. Keuntungan dari pembuatan kerangka tulisan adalah tulisan yang dibuat akan tersusun sistematis dan sesuai urutannya.

Hal yang perlu untuk ditulis pada kerangka adalah tulisan kasar atau poin yang nantinya memudahkan dalam menjelaskan lebih lanjut. Nah tulisan yang kita buat tidak akan berantakan, sehingga tersusun rapi dan sesuai tempatnya.

3. Pikirkan Gaya Bahasa

Sebelum membuat artikel ilmiah, Anda perlu mengetahui gaya bahasa seperti apa yang cocok digunakan pada tulisan berjenis artikel ilmiah.

Jika dilihat dari segi bahasa, artikel ilmiah tentu berbeda dengan tulisan lainnya. Artikel ilmiah cenderung menggunakan bahasa baku dan penulisannya harus seuai dengan PUEBI.

Baik itu dia cara membuat artikel ilmiah yang baik dan benar. Anda perlu memahami struktur apa saja yang ada pada artikel ilmiah. Dengan begitu, menulis artikel ilmiah jadi lebih mudah. Nah bagaimana sobat? Jadi lebih gampang kan membuat artikel ilmiah? Semoga bermanfaat untuk kita semua ya!

Artikel lainnya: Cara Penulisan Alamat Surat yang Benar

Related Blog

Leave a CommentYour email address will not be published.