Cara Membuat Abstrak

Cara Membuat Abstrak pada Karya Tulis Ilmiah (Panduan Lengkap)

4.9/5 - (7 votes)

Penerbit Buku – Menulis abstrak lumrah dilakukan ketika kita membuat penelitian. Cara membuat abstrak sebenarnya mudah, tetapi sebagian orang masih kesulitan untuk membuatnya.

Abstrak sendiri didefinisikan sebagai ringkasan yang memuat keseluruhan dari penelitian. Abstrak biasanya ditulis secara singkat, jelas, dan padat. Tujuan dari abstrak adalah menggambarkan keseluruhan isi dari penelitian, entah itu artikel ilmiah, skripsi, tesis, dan disertasi.

Pada umumnya, jumlah kata pada abstrak sejumlah 150 hingga 250 kata. Penggunaan abstrak sangat berguna untuk memahami gambaran umum dari sebuah penelitian. Jadi, abstrak perlu dibuat dengan benar sesuai aturan.

Ngomong-ngomong soal abstrak nih, sudah pada pernah buat atau belum? Tak perlu khawatir, karena cara membuat asbtrak tidaklah sesulit yang dibayangkan.

Gambaran Umum Struktur Abstrak

Cara Membuat Abstrak

Abstrak memiliki sifat ringkas, jelas, padat, dan informatif. Abstrak harus mencantumkan kata kunci yang penting.

Ketika akan membuat abstrak dari penelitian yang telah dibuat, Anda perlu memahami bagaimana cara membuat asbtrak yang baik dan benar, yaitu terkait struktur penulisan abstrak.

Jenis huruf yang sering digunakan adalah Times New Roman. Jarak atau spasi 1 dan biasanya ditulis dalam dua bahasa, yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

Biasanya dalam abstrak diawali dengan gambaran penelitian secara singkat. Setelah itu ditulis komponen penting seperti judul, rumusan masalah, metode penelitian, hasil penelitian, dan kata kunci.

Cara Membuat Abstrak Skripsi

Skripsi merupakan tugas akhir yang biasa dilakukan oleh mahasiswa sarjana. Skripsi menjadi syarat untuk kelulusan. Dalam membuat skripsi, abstrak salah satu komponen yang tidak terlewatkan. Abstrak wajib ditulis pada penelitian skripsi.

Walaupun abstrak sudah tidak asing lagi bagi kalian yang sedang atau pernah membuat skripsi, ternyata masih banyak yang bingung cara membuat abstrak. Jadi kalian perlu memperhatikan apa saja yang harus ditulis di abstrak.

Berikut Langkah-langkah Membuat Abstrak Skripsi

  1. Abstrak skripsi ditulis dengan jumlah kata maksimal 250 kata. Jumlah kata ini merupakan jumlah yang ideal ketika membuat abstrak.
  2. Jarak antar paragraf adalah satu.
  3. Jika terdapat kata asing, wajib untuk dicetak miring (italic)
  4. Abstrak ditulis terdiri dari satu paragraf yang merupakan ketentuan paling umum. Paragraf tersebut harus memuat isi secara keseluruhan.
  5. Hal-hal yang perlu ditulis dalam abstrak skripsi, yaitu:
    • Gambaran umum tentang penelitian (ringkas saja cukup 1-2 kalimat)
    • Judul penelitian, rumusan masalah, dan tujuan penelitian
    • Metode penelitian yang digunakan, teknik analisis data, dan teknik pengumpulan data.
    • Hasil dan kesimpulan penelitian
  6. Cantumkan kata kunci yang relevan dengan penelitian. Bisa 3-5 kata kunci.
  7. Abstrak skripsi dibuat dalam dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Cara Membuat Abstrak Tesis

Cara Membuat Abstrak
Cara Membuat Abstrak

Siapa sih yang gak tahu tesis? Ya, sama halnya dengan skripsi yang merupakan tugas akhir tetapi untuk tesis dilakukan oleh jenjang magister (S2). Salah satu karya ilmiah yang ditulis secara individual berdasarkan hasil penelitian. Nantinya hasil dari tesis dipakai sebagai bahan kajian akademis.

Tesis sendiri sebagai penyataan teori yang dipakai. Teori ini nantinya didukung oleh argumen untuk memperkuat penelitian. Tesis dibuat untuk menyelesaikan program pendidikan. Dengan begitu, layak dan berhak untuk mendapatkan gelar sesuai dengan bidang jurusan yang diambil.

Cara membuat abstrak tesis kurang lebih sama dengan skripsi. Lihat hal-hal yang perlu ditulis berikut ini!

Terdiri dari tiga paragraf, yaitu

Paragraf pertama : Pada paragraf pertama biasanya memuat judul penelitian, rumusan masalah, latar belakang dan tujuan penelitian.

Paragraf kedua : Pada paragraf kedua berisikan metode penelitian, teknik analisis data, landasan teori.

Paragraf ketiga : Pada pargraf ketiga akan mencantumkan hasil atau kesimpulan yang diperoleh dari penelitian yang sudah dilakukan.

Hal-hal yang harus diperhatikan ketika membuat abstrak tesis.

  1. Abstrak tesis ditulis dengan jumlah kata hingga 300 kata.
  2. Jarak antar paragraf adalah satu.
  3. Jika terdapat kata asing, wajib untuk dicetak miring (italic)
  4. Abstrak ditulis terdiri dari beberapa paragraf bisa 3.
  5. Cantumkan kata kunci yang relevan dengan penelitian. Bisa 3-5 kata kunci.
  6. Abstrak tesis dibuat dalam dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Cara Membuat Abstrak Disertasi

Cara Membuat Abstrak

Tugas akhir untuk menentukan kelulusan berikutnya adalah disertasi. Perbedaanya adalah dari segi jenjang pendidikannya. Skripsi dilakukan olah mahasiswa S1, tesis dilakukan oleh mahasiswa S2, dan disertasi dilakukan oleh mahasiswa S3.

Nah pada disertasi ini sebagai kemampuan mahasiswa S3 dalam penelitian yang berhubungan dengan penemuan baru. Penemuan baru ini tentunya sesuai dengan program studi yang diambil.

Paragraf pertama memuat permasalahan dan tujuan dari penelitian yang dilakukan. Paragraf kedua berisi metode penelitian, seperti jenis penelitian, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data. Kemudian untuk paragraf ketiga dapat menuliskan temuan atau hasil yang dicapai dari penelitian.

Cara membuat abstrak untuk disertasi kurang lebih sama, perbedaannya pada hal-hal apa saja yang harus ditulis.

  • Jumlah kata pada abstrak disertasi ditulis dengan jumlah kata bisa lebih dari 300 kata.
  • Jarak antar paragraf adalah satu.
  • Jika terdapat kata asing, wajib untuk dicetak miring (italic)
  • Abstrak ditulis terdiri dari beberapa paragraf bisa 3.
  • Cantumkan kata kunci yang relevan dengan penelitian. Bisa 3-5 kata kunci.
  • Abstrak disertasi dibuat dalam dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Contoh Abstrak Skripsi yang Benar

Adapun berikut ini adalah contoh abstrak skripsi yang baik dan benar sesuai ketentuan:

Media sosial merupakan salah satu media yang banyak digemari masyarakat untuk bersosial. Penelitian yang berjudul “Pengaruh Media Sosial terhadap Daya Belajar Anak SDdi SDN 1 Semarang” ini dilatar belakangi adanya pengaruh media sosial yang dirasakan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang dilaksanakan pada bulan Agustus 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi pengaruh media sosial terhadap daya belajar siswa dan bagaimana cara meminimalisir penggunaan media sosial di bawah umur. Penelitian dilakukan dengan cara penyebaran angket kepada siswa kelas 5 yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini menghasilkan uji persamaan regresi Ý = 15,14+0,78X apabila media sosial dan daya belajar diukur dengan instrument yang digunakan dalam penelitian ini, maka setiap kenaikan satu unit skor penggunaan media sosial (X) akan diikuti oleh penurunan skor daya belajar sebesar 0,78 dengan konstanta 15,14. 70% siswa menjawab cara yang dapat dilakukan untuk meminimalisir penggunaan media sosail adalah membatasi waktu penggunaan media sosial. ‘

Kata Kunci: Media Sosial, Pengaruh Media Sosial, Daya Belajar Siswa SD

Nah itulah sobat cara membuat abstrak pada Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang baik dan benar. Bagaimana, sudah tahu caranya? Ternyata mudah ya membuat asbtrak. Jangan sampai nih abstrak yang kita buat tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku, yang ada nanti disuruh revisi deh. Semoga bermanfaat ya sobat!

Related Blog

Leave a CommentYour email address will not be published.