Contoh Penulisan Daftar Pustaka yang Benar

Contoh Penulisan Daftar Pustaka yang Benar Sesuai Kaidah

5/5 - (4 votes)

Penerbit Buku – Menulis daftar pustaka lazim dilakukan ketika kita membuat tulisan. Contoh penulisan daftar pustaka yang benar perlu memperhatikan aturan dalam menulisnya.

Bagi yang masih awam, daftar pustaka dapat menjadi masalah yang harus dihadapi. Padahal, menulis daftar pustaka tidak sesulit yang dibayangkan. Terlebih bagi kalian yang sedang mengerjakan skripsi atau makalah, daftar pustaka wajib dicantumkan.

Daftar pustaka menjadi informasi dari mana Anda mengambil sumber sebagai bahan refensi. Mutlak jika kita menulis tidak memakai sumber referensi, apalagi karya ilmiah dan skripsi.

Sumber referensi yang dipakai juga harus sesuai dengan pembahasan dari tulisan yang dibuat. Jika tidak sesuai dengan tulisan kita, maka daftar pustaka yang dicantumkan tidak valid.

Ketika mencantumkan sumber menjadi daftar pustaka perlu kehati-hatian. Jangan asal-asalan ya dalam menuliskan daftar pustaka! Nah jika kalian masih bingung dan ragu dalam membuat daftar pustaka, alangkah baiknya membaca pembahasan berikut ini.

Elemen Penulisan Daftar Pustaka yang Benar

Menulis daftar pustaka dapat dikatan cukup mudah jika kalian memahami dengan tata cara membuatnya. Berikut ini dapat kita simak untuk meningkatkan kemampuan kita dalam menulis daftar pustaka yang sesuai kaidah kebahasaan,

1. Nama Penulis

Setiap buku atau sumber bacaan lainnya tentu memiliki nama penulis. Nama penulis harus dicantumkan di awal kalimat pada daftar pustaka. Biasanya cara penulisannya terbalik, tetapi ada juga yang tidak dibalik sesuai dengan sumber referensi yang digunakan.

Sumber Referensi dari Buku : Nama penulis harus ditulis di awal. Nama belakang ditulis terlebih dahulu, setelah itu diikuti nama belakang yang diberi tanda koma (,). Jika nama penulis lebih dari satu, maka cara penulisannya hanya nama pertama saja yang dibalik, nama kedua tidak perlu dibalik.

Sumber Referensi dari Jurnal : Nama penulis dari jurnal tidak beda jauh dari buku. Nama yang ditulis adalah penulis artikel bukan editor.

Sumber Referensi dari Skripsi : Sama halnya dengan cara menulis nama penulis dari buku.

Sumber Referensi dari Internet atau Website : Nama belakang juga ditulis terlebih dahulu seperti halnya di atas.

Contoh :

  • Nama Penulis : Eko Prasetyo
  • Cara penulisannya menjadi : Prasetyo, Eko.

  • Nama Penulis : Albert Kerl dan Yosep Vatikan
  • Cara penulisannya menjadi : Kerl, Albert, Yosep Vatikan.

2. Tahun

Tahun dapat ditulis setelah nama penulis yang dipisah dengan tanda titik (.). Tahun ditulis sesuai kapan tulisan itu terbit atau dicetak. Perlu diingat bahwa pada sumber referensi yang diambil dari buku perlu memperhatikan buku tersebut cetakan satu, dua, atau tiga.

Contoh: Prasetyo, Eko. 2021.

3. Judul

Penulisan daftar pustaka yang benar harus mencantumkan judul. Judul ditulis setelah tahun. Cara penulisannya, judul ditulis lengkap dan miring. Baik dari buku, internet, jurnal, dan sumber lainnya pasti memiliki judul. Jadi, judul juga dicantumkan ya!

Contoh: Prasetyo, Eko. 2021. Tanaman Hias Dalam Ruangan.

Baca juga: Cara Penulisan Alamat Surat yang Benar Sesuai dengan EYD

4. Kota

Ketika kita menerbitkan sebuah buku, akan tercantum informasi penerbit, salah satunya adalah kota penerbit. Kota penerbit juga harus dicantumkan ketika menulis daftar pustaka. Setelah kota penerbit diikuti dengan nama penerbit yang disekat dengan tanda titik dua (:).

Contoh: Prasetyo, Eko. 2021. Tanaman Hias Dalam Ruangan. Majalengka:

5. Nama Penerbit

Menerbitkan buku tentu ke penerbit buku dong! Nah penulisan daftar pustaka yang benar juga harus mencantumkan darimana buku itu terbit.

Contoh: Prasetyo, Eko. 2021. Tanaman Hias Dalam Ruangan. Majalengka: Buku Kampungku.

Pada contoh tersebut, buku terbit di Penerbit Buku Kampungku.

6. Nama Jurnal, Volume, dan Halaman

ika kalian mengambil jurnal sebagai sumber referensi, maka perlu mencantumkan nama jurnal, volume (nomor) dan halaman. Biasanya komponen ini tercantum dengan jelas pada jurnal, sehingga tidak perlu bingung mencari letaknya dimana.

Contoh : Viola, Fitri. 2021. “Penggunaan Bahasa Indonesia pada Anak Usia 5 Tahun di TK Muslimat 25 Jombang”. Jurnal Bahasa dan Kebudayaan. 1 (5) 1-13.

7. URL

Penulisan daftar pustaka yang benar harus dilengkapi dengan url halaman website yang dipakai dalam sumber referensi. Pemberian url ini dicantumkan jika kalian memakai sumber referensi dari internet.

Contoh:

Krisgianto, 2021. Cara Menulis Daftar Pustaka dari Berbagai Sumber. “Cara Menulis Daftar Pustaka dari Berbagai Sumber”, https://penerbitbuku.co.id/cara-menulis-daftar-pustaka/

Pada contoih di atas, tulisan berwarna biru merupakan URL dari halaman website. Cara mengambilnya mudah sekali, hanya dengan kopi paste pada link yang tersedia.

8. Tanggal Akses

Anda perlu mencantumkan kapan mengakses sumber referensi yang diambil dari internet. Tanggal akses dapat ditulis tanggal dan jam ketika mengakses.

Contoh:

Krisgianto. 2021. “Cara Penulisan Alamat Surat yang Benar Sesuai dengan EYD”, https://penerbitbuku.co.id/penulisan-alamat-surat-yang-benar/ Diakses pada 21 Agustus 2021, pukul: 15.00.

Jika dilihat dari contoh di atas, dapat dikatakan bahwa penulis mengaksesnya pada tanggal 21 Agustus 2021, pukul 15.00. Jadi, bukan tanggal artikel website dipublikasikan ya!

Tulisan lainnya: Cara Menulis Buku Hingga Buku Diterbitkan


Contoh Penulisan Daftar Pustaka Dari Berbagai Sumber

Berikut Contoh Penulisan Daftar Pustaka yang Benar dari Sumber Referensi Buku, Jurnal, dan Internet

Sumber Referensi dari Buku

Data Buku:

Judul Buku : Belajar Bahasa Indonesia untuk SMA

Nama PenulisErah Sahiba
Tahun2021
Penerbit CV Kampungku
KotaMajalengka
Judul BukuTemanku Kekasihku

Daftra Pustaka:

Sahiba, Erah. 2021 Temanku Kekasihku. Majalengka: CV Kampungku

Sumber Referensi dari Jurnal

Nama Penulis : Titik Herdiana

Nama Jurnal : Sosial Keagamaan

Judul Artikel : Penerapan Amal Jariyah untuk Kehidupan yang Lebih Beragama

Volume : 1

Nomor : 2

Halaman : 15-30

Tahun : 2021

Daftar Pustaka

Herdiana, Titik. 2021. “Penerapan Amal Jariyah untuk Kehidupan yang Lebih Beragama”. Sosial Keagamaan. 1(2), h. 15-30.

Sumber Referensi dari Internet

Nama PenulisKrisgianto
JudulCara Menulis Buku Hingga Buku Diterbitkan
Tahun Publikasi2021
URLhttps://penerbitbuku.co.id/cara-menulis-buku/
Tanggal Akses30 Agustus 2021, pukul 15.00

Penulisan Daftar Pustaka

Krisgianto. 2021. “Cara Menulis Buku Hingga Buku Diterbitkan”, https://penerbitbuku.co.id/cara-menulis-buku/ Diakses pada 30 Agustus 2021, pukul 15.00.

Nah itulah pembahasan mengenai penulisan daftar pustaka yang benar. Jangan lupa membuat daftar pustaka dari sumber referensi yang kalian pakai ya! Daftar pustaka ini salah satu bentuk kita menghargai penulis. Semoga bermanfaat!

Tulisan lainnya: Cara Membuat Artikel Enak Dibaca untuk Pemula

Related Blog

Leave a CommentYour email address will not be published.