Cara membuat artikel enak dibaca menjadi keinginan terbesar bagi seseorang yang ingin membuat artikel.

Cara Membuat Artikel Enak Dibaca untuk Pemula

4.9/5 - (10 votes)

Penerbit Buku – Membuat artikel ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Cara membuat artikel enak dibaca menjadi keinginan terbesar bagi seseorang yang ingin membuat artikel. Pada dasarnya, yang perlu diperhatikan ketika membuat artikel adalah topik pembahasan dan pemakaian kalimatnya.

Apa jadinya jika artikel kita mudah dipahami dan enak dibaca? Tentu ini sangat menguntungkan bagi kita. Sebelum itu mari kita ketahui dulu jenis-jenis artikel agar artikel yang akan dibuat semakin terarah.

Jenis-Jenis Artikel

Cara Membuat Artikel Enak Dibaca

1. Artikel Argumentasi

Artikel argumentasi merupakan artikel yang isi utamanya adalah pendapat atau gagasan dari penulis. Namun, pendapat dari penulis harus disertai dengan data atau fakta dari topik yang sedang dibahas.

2. Artikel Deskriptif

Artikel deskriptif artinya artikel yang dibuat untuk mendeskripsikan atau menyampaikan sebuah informasi dengan tujuan agar pembaca mengetahui fenomena yang terjadi dalam pembahasan.

3. Artikel Narasi

Jenis artikel berikutnya ini merupakan artikel yang biasa kita temui pada karangan baik cerita pendek, biografi, maupun hikayat. Artikel jenis narasi lebih mengungkapkan pada peristiwa-peristiwa yang dilatar belakangi dengan penyampian tempat dan waktu.

4. Artikel Persuasi

Kalau yang satu ini merupakan artikel yang dibuat dengan tujuan untuk mempengaruhi pembaca. Namanya juga persuasi, pasti ada maksud untuk mengajak agar orang lain melakukan perbuatan.

5. Artkel Eksposisi

Jenis artikel ekposisi biasa kita jumpai pada berita seperti koran. Artikel ini memiliki kriteria yang dimana penyampaian harus akurat dan terpercaya.

Nah, itulah sedikit gambaran mengenai jenis-jenis artikel. Sekarang kita akan memasuki pada pembahasan bagaimana caranya agar artikel yang kita buat enak untuk dibaca. Langsung saja mari kita simak tips berikut ini!

Baca juga: Cara Membuat Artikel di Website

Cara Membuat Artikel Enak Dibaca dengan Mudah

Cara Membuat Artikel Enak Dibaca untuk Pemula

1. Tentukan Tema yang Menarik

Nah cara membuat artikel enak dibaca yang pertama ini sangat penting ketika kita akan membuat sebuah tulisan, apalagi artikel. Tema ini akan kita gunakan untuk menentukan permasalahan apa yang akan dibahas. Oh ya perlu Anda ketahui, bahwa tema ini bukan judul ya! Jadi tema ini bisa dikatakan sebagai induk untuk penentuan pembahasan.

Menentukan tema tidak susah kok! Anda hanya perlu mengamati fenomena disekitar atau peristiwa yang sedang banyak dibicarakan masyarakat.

2. Buat Judul Semenarik Mungkin

Apa pertama kali yang akan kalian baca ketika menjumpai sebuah tulisan? Tepat sekali, judul. Judul merupakan kepala tulisan yang menggambarkan keseluruhan dari pembahasan.

Supaya artikel yang dibuat menarik dan enak dibaca, alangkah baiknya jika judul yang Anda buat mencakup pokok dari pembahasan, singkat tidak bertele-tele, dan buatlah secara persuasif (judul yang dibuat seakan-akan mengajak pembaca untuk melanjutkan ke pembahasan)

3. Mulailah Menulis dengan Memperhatikan Jenis Artikel

Ternyata jenis artikel juga penting loh untuk kualitas tulisan kita agar enak dibaca. Cara membuat artikel enak dibaca ini adalah Anda perlu mengetahui artikel yang akan ditulis masuk dalam artikel yang mana.

Setelah mengetahui jenisnya, Anda akan mudah membuat susunan atau struktur dari artikel. Dengan begitu, tulisan yang dibuat jadi rapi dan sesuai dengan strukturnya.

4. Perhatikan Kaidah Bahasa yang Baik dan Benar

Hal ini memang kerap dilupakan oleh seseorang yang sedang menulis. Seringkali kita jumpai tulisan yang aneh ketika dibaca. Mengapa demikian? Bahasa sendiri memiliki kaidah. Nah kaidah bahasa ini lah yang perlu diperhatikan.

Ketika menulis artikel, perhatikan pemakaian bahasa dari ejaan, penempatan kata, tanda baca, dan kesederhanaan kalimat. Jika kita menulis tanpa memperhatikan kaidah bahasa tentu tulisan kita jadi kurang nyaman untuk dibaca.

5. Langsung Pada Intinya to The Point

Nah, kalau yang satu ini sering terjadi ketika penulis menginginkan tulisan terlihat panjang dan banyak. Padahal, tulisan yang panjang dan banyak justru kurang menarik. Penulis perlu membuat kalimat yang singkat, jelas, dan padat.

Jangan sampai kita membuat tulisan yang kesannya bertele-tele! Selain kurang enak dibaca, tulisan yang tidak langsung pada inti dari pembahasan akan membuat malas untuk membacanya.

Misalnya, “Wanita yang sedang hamil itu akan dilarikan ke rumah sakit karena akan melahirkan bayi yang berada di kandungannya”. Kalimat tersebut terlalu bertele-tele, sehingga perlu disederhanakan, menjadi “Wanita hamil itu dilarikan ke rumah sakit karena akan melahirkan”

Bagaimana, tampak jelas kan perbedaannya?

Baca juga: Cara Menulis Buku Hingga Buku Diterbitkan

6. Jangan Keluar dari Topik Pembahasan

Salah satu kesalahan fatal yang dilakukan penulis adalah pembahasan keluar dari topik. Hal ini akan mengurangi kualitas artikel yang dibuat. Cara membuat artikel enak dibaca kali ini menjadikan tulisan terasa enak dibaca karena pembahasan berada dalam satu arah.

Ketika kita menulis kucing sebagai objek, maka pembahasan harus berkaitan dengan kucing. Jadi, jangan sampai membahas selain topik yang dipilih, seperti tiba-tiba mendeskripsikan buaya.

7. Gunakan Gaya Bahasa Sendiri

Gaya bahasa penting untuk diperhatikan ketika akan membuat artikel. Setiap penulis memiliki gaya bahasanya masing-masing.

Jadi, gunakan gaya bahasa sendiri agar kita merasa enjoy ketika menulis. Dengan begitu, tulisan kita akan lebih enak untuk dinikmati.

8. Gunakan sub Judul atau Poin.

Terkadang, setiap paragraf memiliki pokok pembahasan. Maka, sub judul atau poin ini perlu dicantumkan.

Bagaimana jika tulisan dari awal sampai akhir berupa tulisan polos saja tanpa sub judul? Tentu kita merasa lelah membacanya karena tulisan terasa terlalu panjang.

Nah kita perlu menyisipkan sub judul untuk membatasi setiap pembahasan agar lebih menarik dibaca. Misal poin satu membahas makanan kucing, poin dua membahas ciri-ciri kucing, dan sebagainya.

9. Sisipkan Gambar atau Video yang Menarik dan Relevan

Gambar juga memiliki peranan penting loh! Tidak jarang pembaca merasa bosan ketika membaca dari awal hingga akhir hanya tulisan saja. Nah cara membuat artikel enak dibaca dengan penyisipan gambar dapat membantu mengurangi rasa jenuh pembaca.

Eitss, tapi jangan asal menyisipkan gambar atau video ya! Sisipkan gambar yang sesuai dengan pembahasan sebagai ilustrasi pendukung!

10. Pastikan Tulisan Anda Tidak Ada yang Salah Ketik/Typo

Kesalahan fatal yang membuat tulisan kurang enak dibaca salah satunya adalah salah ketik atau biasa disebut typo. Masalah ini memang kerap kita jumpai ketika tulisan tidak dicek ulang.

Selain tidak enak untuk dibaca, typo juga dapat mengubah makna dari tulisan. Nah bayangkan ketika Anda membaca yang seharusnya pulang tapi tertulis tulang! Maknanya jadi lari dari topik kan?

Itulah cara membuat artikel enak dibaca untuk seorang pemula. Membuat artikel mudah kok! Asalkan kita tahu apa saja yang harus dilakukan ketika membuat artikel. Untuk itu mulailah membuat artikel dengan tips di atas agar artikel enak dibaca! Semoga bermanfaat ya!

Baca juga: Cara Membuat Artikel Ilmiah yang Baik dan Benar

Related Blog

Leave a CommentYour email address will not be published.