Cara Cek Situs Web Jurnal Terindeks Scopus

Cara Cek Situs Web Jurnal Terindeks Scopus

5/5 - (5 votes)

Penerbit BukuCara Cek Situs Web Jurnal Terindeks Scopus – Untuk para dosen dan mahasiswa pasti tak asing dengan yang namanya jurnal. Yap, salah satu karya tulis ilmiah yang pastinya pernah dan harus di miliki oleh dosen dan mahasiswa. Jurnal yang ditulis biasanya wajib untuk di publikasikan ke web jurnal yang terindeks Scopus.

Jurnal biasanya sering dipakai sebagai referensi bagi para dosen, mahasiswa, guru, dan peneliti. Jurnal yang sering digunakan biasanya yang memliki akreditasi tinggi. Jurnal yang terakreditasi pastinya akan dinilai lebih bagus. Sehingga selalu dipercaya dan dijadikan referensi bagi para pakar.

Bagi kalangan dosen dan mahasiswa pastinya juga sudah tak asing lagi dengan istilah scopus. Tapi yang masih pemula pasti masih bertanya apa sih itu scopus. Nah sebelum kita berbicara jauh mengenai situs web jurnal terindeks scopus, alangkah baiknya kita mengenal apa itu scopus.

Apa Itu Scopus?

Scopus merupakan data base terbesar yang memuat abstrak dan kutipan dari berbagai literatur seperti jurnal, prosiding konferensi, dan buku. Dengan menggunakan Scopus ini kita dapat melihat hal apa saja yang telah diteliti. Scopus ini memiliki 4 tingkatan kuartil, yaitu Q1, Q2, Q3, dan Q4.

Tingkat Kuartil Scopus

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa Scopus memiliki 4 tingkatan. Yaitu Q1, Q2, Q3, dan Q4. Lalu apa maksud tingkatan tersebut?

1. Q1

Tingkat pertama yaitu Quartile 1 (Q1). Q1 merupakan tingkatan dimana jurnal yang terindeks memiliki pengaruh paling besar dari jurnal yang lainnya. Jurnal yang berkategori Q1 ini memiliki peringkat 25 teratas.

2. Q2

Yang kedua ada Quartile 2 (Q2). Q2 merupakan tingkatan dimana jurnal yang terindeks memiliki pengaruh cukup besar dari jurnal yang lainnya. Jurnal yang berkategori Q2 ini memiliki peringkat 26-50.

3. Q3

Tingkat yang ketiga yaitu Quartile 3 (Q3). Q3 merupakan tingkatan dimana jurnal yang terindeks memiliki pengaruh kurang besar dari jurnal yang lainnya. Jurnal yang berkategori Q3 ini memiliki peringkat 51-75.

4. Q4

Yang terakhir yaitu Quartile 4 (Q4). Q4 merupakan tingkatan dimana jurnal yang terindeks memiliki pengaruh paling rendah dari jurnal yang lainnya. Jurnal yang berkategori Q4 ini memiliki peringkat 25 terbawah.

Artikel Lainnya: Toko Buku Online Terbaik

Cara Mengecek Situs Web Jurnal Terindeks Scopus

Untuk memastikan jurnal tersebut telah terindeks Scopus atau belum, terdapat 2 cara untuk melakukan itu. Gimana caranya? Berikut penjelasannya.

1. Menggunakan Scimago Jr

Yang pertama kamu bisa menggunakan laman web scimagojr.com untuk mengecek jurnal terindeks Scopus. Laman ini telah sering dikunjungi untuk mengecek tingkat kuartil jurnal. Cara mencari jurnal terindeks Scopus dengan cara ini antara lain:

  • Buka laman website scimagojr.com
  • Setelah itu kamu dapat pilih subjek area.
  • Jika sudah, di subjek area tersebut kamu dapat pilih subjek kategori yang kamu inginkan
  • Carilah quartil yang diinginkan. Misalnya Q1, Q2, Q3, dan Q4

2. Langsung Menuju ke Laman Website Scopus

Cara yang kedua yaitu kamu dapat mencarinya langsung melalui laman resmi Scopus. Cara mencari menggunakan cara yang satu ini adalah sebagai berikut:

  • Pertama buka laman website scopus.com
  • Setelah terbuka, pada kolom enter title kamu dapat mengisi dengan nama jurnal yang akan kamu tuju. Setelah itu kamu dapat klik enter untuk mencari atau klik “find sources”
  • Tunggu hingga nama jurnal yang kamu cari ditemukan. Jika sudah kamu dapat mengecek tahun coverage jurnal tersebut
  • Jangan lupa untuk mengecek juga “scopus content coverage” yang berada di bagian bawah. Untuk mengetahui apakah jurnal masih terindeks Scopus atau tidak.

Baca Juga: Pengertian Pemasaran Jasa

Cara Agar Masuk Jurnal Scopus

Para akademisi pasti menginginkan jurnalnya masuk ke Scopus. Memanglah tidak mudah, karena memiliki syarat yang begitu kompleks agar dapat masuk ke jurnal tersebut. Tetapi bukan tidak mungkin jurnal yang kita tulis dapat masuk jurnal terindeks Scopus. Lalu bagaimana caranya? Yuk simak penjelasan berikut.

1. Buat Jurnal Sesuai Dengan Bidang Ilmu yang Dituju

Saat ingin membuat jurnal hal yang pertama kita perhatikan yaitu bidang keilmuannya. Hal ini penting agar penulisan jurnal lebih tertata sehingga tidak melebar ke ilmu lainnya. Agar dapat masuk jurnal Scopus sebaiknya pilih bidang ilmu yang telah di kuasai agar lebih mudah menulisnya.

2.Buat Jurnal yang Bagus dan Mudah Dimengerti

Jurnal yang kita buat haruslah baik. Artinya penjelasan dalam jurnal tersebut bisa detail, tidak ambigu agar dapat dimengerti oleh pembaca. Selain itu jurnal yang bagus adalah jurnal yang memiliki manfaat yang bisa didapat pembaca dari jurnal tersebut.

3.Banyak Berlatih Menulis Artikel

Untuk dapat membuat artikel dan jurnal yang bagus, pastinya harus sering menulis hal tersebut. Menulis artikel tidaklah mudah, terdapat berbagai prosedur yang perlu diperhatikan. Maka dari itu penulis perlu banyak membaca dan berlatih menulis artikel tersebut.

4. Buat Artikel Aemenarik Mungkin

Seperti halnya poin kedua, penulis perlu membuat artikel yang menarik. Sebelum di submit pada jurnal, perlu diperhatikan bagaimana manfaat jurnal tersebut bagi keilmuan itu dan bagi para pembaca. Para penilai biasanya akan melirik jurnal yang menarik dan memiliki masalah penelitian terbaru.

5.Tidak Plagiat

Sangat penting bagi penulis menghindari plagiat. Plagiat ini akan menurunkan tingkat kualitas jurnal. Bahkan jurnal dapat tidak masuk ke Scopus. Saat ingin mengambil pendapat orang lain, penulis dapat menggunakan parafrase atau mencantumkan sumbernya.

6.Lakukan Konsultasi Dengan Ahli

Penulis juga dapat melakukan konsultasi dengan ahlinya. Dalam artian orang yang tulisannya sering atau pernah masuk ke jurnal yang terindeks Scopus. Hal ini mungkin dapat membuat tulisan kita jadi lebih bagus. Penulis dapat meminta saran dan pendapat ahli mengenai jurnal yang akan kita tulis.

Daftar jurnal yang telah terindeks Scopus

Telah banyak jurnal yang telah terindeks Scopus. Hampir seluruh perguruan tinggi pasti memiliki jurnal yang terindeks Scopus. Di bawah ini terdapat beberapa contoh jurnal yang telah terindeks Scopus.

Nama Jurnal dan Laman Website:

  1. Acta Medica Indonesiana http://www.actamedindones.org
  2. ASEAN Journal of Chemical Engineering http://aseanjche.ugm.ac.id
  3. Bulletin of Chemical Reaction Engineering anc Catalysis http://bcrec.undip.ac.id
  4. Indonesian Journal of Applied Linguistics http://ejournal.upi.edu/index.php/IJAL
  5. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia https://journal.unnes.ac.id/nju/index.[hp/jpii

Itu dia sedikit ulasan mengenai cara mengecek situs web jurnal terindeks scopus. Sangat gampang kan mengecek jurnal yang telah terindeks Scopus. Jadi tak usah khawatir lagi untuk mempublikasikan jurnal kamu di situs jurnal mana. Semoga informasi di atas bermanfaat ya.

Lihat Juga: Perbedaan Artikel dan Jurnal

Related Blog

Leave a CommentYour email address will not be published.