Cara Menerbitkan Buku Secara Indie

Cara Menerbitkan Buku Secara Indie: Mudah dan Cepat

4.9/5 - (16 votes)

Penerbit Buku – Penerbit independen atau penerbit indie atau disebut juga penerbit mandiri adalah cara alternatif untuk menerbitkan buku ataupun karya lainnya dengan cara mandiri atau sekala kecil. Bagaimanakah cara menerbitkan buku secara indie?

Sebelum lebih jauh kepada langkah-langkah menerbitkan karya tulis secara indie, alangkah baiknya kita memahami terlebih dahulu apa sih penerbit buku indie itu?

Penerbit Buku Indie

Ada banyak penulis yang telah menyelesaikan naskahnya, namun sedikit yang melakukan penerbitan. Hal ini dipengaruhi oleh ketatnya peraturan yang dibuat oleh pihak penerbit. Di sinilah penerbit buku indie hadir dan dapat memberikan solusi bagi para penulis yang karyanya ditolak oleh penerbit besar.

Penerbit buku indie adalah sebuah perusahaan penerbit buku yang membantu para penulis untuk menerbitkan karyanya secara mandiri. Proses penerbitan buku indie dimulai dari pendaftaran nomor ISBN, editing, layouting, desain sampul, hingga proses cetak buku hingga buku tersebut siap dipasarkan baik secara offline ataupun online.

Penerbit indie hadir memberikan solusi, mengikuti kemajuan teknologi di dunia penerbitan. Tidak membutuhkan banyak persyaratan, dan tidak mematok jumlah pencetakan buku. Sehingga buku dapat dicetak sesuai kebutuhan.

Hadirnya penerbit inide merupakan terobosan di dunia literasi. Bahsa siapapun dan dimanapun memiliki kebebasan untuk menerbitkan buku secara personal.

Tips Menerbitkan Buku Secara Indie

Untuk pengajuan naskah buku ke penerbit mayor biasanya memerlukan waktu yang lama bisa memakan waktu sampai tiga bulan, atau mungkin bisa lebih lama lagi. Dan dalam waktu yang begitu lama kita menunggu, kita tidak mendapat jaminan bahwa naskah yang sudah kita ajukan itu akan lolos dari seleksi. Banyak penulis yang sudah lelah menunggu berbulan-bulan namun pada kenyataan buku tersebut malah ditolak.

Hingga pada akhirnya setelah mereka merasa lelah dengan persaingan yang ketat, mereka akan mengambil jalur alternatif yaitu dengan mengajukan naskah bukunya ke penerbit indie. Selain karena rasa lelah, tujuan lainnya mereka mengajukan naskah ke penerbit indie adalah karena prosesnya yang cepat.

Baca Juga: Pengertian Menulis Secara Luas

Penerbit indie menggunakan sistem Print On Demand (POD), yaitu penerbit yang tidak menggunakan mesin cetak offset, dan hanya menggunakan printer. Jika dilihat secara kualitas antara mesin offset dan printer tidaklah jauh berbeda.

Ada sebagian orang yang berpendapat bahwa menerbitkan naskah di penerbit indie mempunyai peluang yang kecil dalam penjualannya, tetapi pada kenyataannya ada banyak buku yang laris di pasaran meskipun itu adalah buku terbitan indie.

Padahal jika kita melihat dari sudut pandang peminat buku, itu tidak ada kaitannya dengan faktor penerbit. Para peminat buku yang akan memilah dan memilih sendiri buku mana yang lebih cocok dan menarik untuk mereka. Jadi laku atau tidaknya penjualan buku itu dinilai dari isi yang disampaikannya dan bukan pengaruh dari penerbitnya.

Menurut para ahli buku yang berkecimpung di dalamnya, buku yang bagus dapat dilihat dari beberapa faktor. Selain karena faktor isi buku dan analisisnya, peminat buku juga memperhatikan kualitas dari segi desain, ilustrasi, tipografi, dan teknik percetakan yang digunakannya. Selain itu mereka juga memperhatikan kualitas penjilidan, ukuran, dan bahan agar sesuai dengan standar buku.

Dalam menulis buku ada serangkain yang benar-benar harus dilakukan oleh penulis. Mulai dari pengumpulan referensi, proses analisis, dan proses penulisan. Yang selanjutnya gagasan dan ide yang sebelumnya dikumpulkan, lalu mereka tuangkan menjadi coretan-coretan di buku yang akan mereka ajukan ke penerbit.

Setelah pengajuan naskah diterima dan nomor ISBN telah keluar, barulah akan mulai di proses penjilidan yang lembar demi lembar dikumpulkan sehingga menjadi sebuah buku utuh dan berikutnya siap disebarluaskan di pasaran juga siap bersaing dengan buku-buku yang telah tersebar lebih dulu.

Penerbitan buku di kategorikan menjadi tiga jenis berdasarkan kebutuhannya yaitu buku terbitan berkala, buku ilmu pengetahuan dan buku sastra. Dan buku yang digolongkan sesuai isinya yaitu buku fiksi dan nonfiksi.

Untuk mengerbitkan buku secara indie kamu bisa menghubungi admin kami.

Cara Mudah Menerbitkan Buku Secara Indie

Sebagian orang masih saja mempermasalahkan sulitnya mengajukan naskah ke penerbit. Padahal jika memang sungguh ingin menerbitkan buku, harus mempunyai kunci utama.

Apa kunci utamanya? tentu saja naskah yang akan diterbitkan. Pertanyaannya apa naskah akan cepat diproses dan bisa terbit?. Maka dari itu dalam paparan ini akan merekomendasikan penerbit indie. Karena cuma di penerbit karya tulismu akan cepat diproses.

Lihat Juga: Berapa Royalti Penulis di Penerbit?

Berikut cara menerbitkan buku secara indie, agar naskah cepat diterbitkan ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Diantaranya :

1. Siapkan Naskah Lengkap

Setiap penerbit tentunya akan mengutamakan naskah dibanding hanya sekedar pertanyaan tenis para penulis yang akan menerbitkan naskahnya. Naskah begitu penting karena itulah sumber utama yang berikutnya akan dijadikan buku. Pastikan naskah yang dikirimkan ke penerbit sudah lengkap dan sesuai prosedur.

2. Siapkan Budget

Budget atau biaya adalah hal penting juga dalam penerbitan buku secara self publishing. Karena self publishing adalah proses penerbitan secara mandiri. Maka penulis akan mempunyai kesempatan besar dalam mewujudkan impiannya tersebut.

3. Kirim Naskah

Jika naskah sudah siap untuk dicetak dan budgetnya sudah terpenuhi semua langkah berikutnya yaitu tinggal mengirimkannya ke penerbit. Setelah itu kita cukup menunggu dengan duduk tenang atau membuat naskah baru.

Kamu sudah punya naskah siap terbit?

Setiap penerbit memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Maka jika suatu hari ingin menerbitkan sebuah buku, lalu tidak sesuai dengan yang diinginkan jangan heran karena tidak semua penerbit sama.

Penerbitbuku.co.id siap menjadi teman untuk menerbitkan karya tulismu. Itulah pembahasan mengenai cara menerbitkan buku secara indie, semoga membantu untuk menerbitkan naskahmu. Dan semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua, salam ujung pena.

Artikel Terkait: Jasa Penerbitan Buku

Related Blog

Leave a CommentYour email address will not be published.