pentingnya customer service

Pentingnya Customer Service pada Layanan Bisnis

4.9/5 - (7 votes)

Penerbit Buku – Pernahkah kamu pergi ke suatu perusahaan atau tempat untuk melakukan sesuatu? Sebelum melakukan transaksi barang atau jasa biasanya kamu akan berhadapan dengan customer service terlebih dahulu. Pentingnya customer service untuk memudahkan atau mengarahkan pelanggan terhadap keperluannya.

Nah coba perhatikan bagaimana sikap dan tutur dari seorang customer service! Sebagian besar mereka bersikap ramah dan penuh perhatian.

Customer service bisa dikatakan sebagai garda depan. Mereka akan berhadapan pada pelanggan supaya pelanggan tidak kesulitan.

Eits, tidak hanya itu saja ya! Seorang customer service juga menerima keluhan dari pelanggan terhadap perusahaan. Tentunya, menjadi seorang customer service cocok bagi kamu yang banyak bicara. Banyak bicara tapi bermanfaat ya!

Jika kamu merasa pekerjaan dari customer service itu gampang, salah besar. Pada dasarnya, tugas dari seorang customer service cukup berat. Merekalah yang pertama kali akan membawa nama baik suatu perusahaan.

Melalui customer service, segala keluhan atau ketidaktahuan kamu terhadap jasa atau transaksi akan dilayani dengan sepenuh hati. Terkadang, mereka terasa capek ketika menghadapi pelanggan yang emosional. Namun, tetap saja mereka akan bertindak dengan baik karena membawa citra perusahaan.

Ngomongin soal pentingnya customer service, sudah pada tahu belum apa itu yang dimaksud dengan customer service? Mari kita baca pengertian di bawah ini!

Lihat Juga: Berapa Royalti Penulis

Pengertian Customer Service

Customer Service atau biasa disebut CS merupakan layanan yang disediakan oleh perusahaan untuk pelanggan sebagai sarana dalam konsultasi, informasi, dan pemecahan masalah. Pelayanan ini biasa dijumpai ketika kamu hendak melakukan suatu transaksi atau bisa juga pembelian barang.

Kamu bisa mendapatkan berbagai informasi yang lengkap dari customer service. Oleh karena itulah, seorang customer service harus memiliki pengetahuan yang luas terhadap perusahaan. Jika tidak, sudah dipastikan nama baik perusahaan akan jatuh.

Setiap perusahaan sendiri wajib untuk menyediakan bagian CS. Hal ini berkaitan dengan membangun jalinan yang baik antara perusahaan dan pelanggan.

Sebaik-baiknya CS, mereka paling tidak harus memiliki kemampuan berbicara yang baik. Begitu pula dengan pemberian solusi terhadap setiap keluhan yang datang dari pelanggan.

Bagaiman sobat! Sudah terlihat jelas bukan pentingnya customer service? Tugasnya apa?

Tugas Customer Service

Customer service memiliki tugas yang penting. Bagian inilah yang menjadi perantara dan hubungannya secara langsung dengan pelanggan. Jika pelayanan buruk, jangan harap perusahaan memiliki citra yang baik. Justru pelanggan akan menganggap bahwa kualitas perusahaan buruk, terutama pekerjanya. Lantas tugasnya seperti apa?

1. Secara Langsung Berhadapan dengan Pelanggan

Pentingnya customer service memiliki tugas yang tak bisa diremehkan. Mereka akan berhadapan secara langsung dengan pelanggan. Hal inilah mengapa seorang CS disebut sebagai garda terdepan.

Menjalankan tugasnya berhadapan dengan pelanggan, tentunya pengetahuannya diuji. Bagaimana mereka menyikapi pelanggan dengan segala pengetahuannya terhadap perusahaan.

Poin penting selain pengetahuan adalah kesiapannya. Kesiapan apa? Tentu saja kesiapan untuk menghadapai segala keluhan atau pertanyaan dari pelanggan. Nantinya, seorang CS harus bisa memberikan solusi paling efektif untuk pelanggan.

2. Melayani Pelanggan dengan Baik

Melayani pelanggan dengan baik merupakan salah satu tugas penting seorang customer service. Biasanya CS melayani pelanggan bisa secara langsung maupun via telepon. Walaupun via telepon, mereka tetap bertutur yang baik.

Hal yang kerap dihadapi CS adalah keluhan pelanggan terhadap produk atau jasa yang digunakan. Alih-alih marah, seorang customer service harus tampil dengan baik, ramah, dan sopan.

3. Menjalin Hubungan Baik dengan Pelanggan

Sobat kamu harus tahu! Pentingnya customer service tidak hanya melayani segala pertanyaan dan keluhan dari pelanggan. Mereka harus bisa menjaga hubungan yang baik.

Cara yang tepat untuk menjalin hubungan yang baik apa? Melayani dengan ramah, sopan, dan informatif. Biasakan untuk tersenyum, karena muka cemberut membuat pelanggan tidak nyaman.

4. Pengetahuan Luas Terhadap Perusahaan

Tidak bisa menjadi customer service jika tidak memiliki pengetahuan yang luas terhadap perusahaan. Pengetahuan tentang apa saja? Tentunya terkait produk atau jasa yang ditawarkan dari perusahaan.

Tugas CS ialah menjawab segala pertanyaan dari pelanggan. Jadi, perlu persiapan untuk menjawabnya. Segala informasi sedetail apapun harus diketahui. Tidak hanya barang atau jasa saja, bahkan sejarah dari perusahaan juga harus dipahami oleh seorang CS.

5. Meyakinkan Pelanggan

Kemampuan meyakinkan pelanggan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan menjadi catatan penting bagi seorang customer service. Mereka tidak hanya menerima keluhan pelanggan saja, tetapi juga dipasrahi untuk meyakinkan dan menarik pelanggan.

Meyakinkan saja tidak cukup, CS juga harus memberikan performa yang terbaik demi kepuasan pelanggan. Pelanggan puas sebagai kunci utama.

6. Mengorganisir Administrasi

Pentingnya customer service menjadikan perlunya perusahaan menyediakan bagian tersebut. Walaupun hampir semua bagian turut bertanggungjawab atas administrasi perusahaan, seorang CS pun juga mengambil peranan tersebut.

Mudahnya dalam mengorganisir administrasi karena saat ini bisa memakai aplikasi customer service. Dengan demikian, tidak menjadi beban bagi CS.

Alasan Customer Service Penting

Kamu penasaran mengapa customer service itu penting? Langsung kita baca yuk!

1. Konsultan

Pelanggan biasanya bertanya-tanya terhadap produk atau jasa yang akan digunakan. Sebelum menggunakannya, mereka bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu.

Konsultasi dilakukan dengan seorang customer service. Customer service akan menjawab segala pertanyaan dan memberikan solusi. Disinilah betapa pentingnya seorang customer service.

2. Deskman

Alasan pentingnya customer service karena memiliki peran sebagai deskman. Peran ini yaitu melayani segala permohonan yang diajukan oleh calon atau pelanggan.

3. Brand Image

Betapa pentingnya seorang CS bisa dilihat dari brand image yang baik. Hal ini berkaitan dengan komunikasi yang baik antara customer service dan pelanggan.

CS sebagai perwakilan perusahaan harus terlatih terhadap tugas dan tanggungjawabnya. Brand image tidak hanya berasal dari media sosial atau tampilan fisik saja, tapi melibatkan CS.

Melalui inilah seorang CS harus memiliki pengetahuan yang luas. Memberikan keinginan dan kebutuhan pelanggan sesuai ekspektasi mereka. Kepuasan pelanggan adalah hal yang utama.

4. Solusi Setiap Masalah

Tidak jarang pelanggan datang dengan masalah. Bisa berkaitan barang atau jasa, bisa juga pelayanan. Komplen tersebut akan ditangani oleh customer service.

Memang tidak mudah mengatasi segala komplen yang masuk. Namun, dari komplen tersebut bisa menjadi acuan untuk berkembang lebih baik lagi.

5. Kepuasan Pelanggan

Tersenyum saja sudah memuaskan pelanggan. Apalagi memberikan pelayanan yang terbaik. Pentingnya customer service karena perannya dalam membuat dan mempertahankan kepuasan pelanggan.

Kepuasan pelanggan bisa datang dari mana saja. Oleh karena itu, seorang customer service harus mampu berdaptasi kepuasan yang dimau dari pelanggan.

Manfaat Customer Service

Bagi pelanggan, apa sih manfaat customer service? Nah manfaatnya ada di bawah ini!

1. Menyambut Tamu

Manfaat yang pertama adalah menyambut tamu. Setiap pelanggan atau tamu yang datang akan disambut baik oleh CS.

Perlu diketahui ya sobat! Setiap perusahaan pasti tidak lepas dari tamu. Biasanya tamu yang datang terlebih dahulu akan diarahkan kepada customer service. CS akan memberikan informasi yang dibutuhkan dari tamu.

2. Memberikan Informasi

Manfaat selanjutnya dalam pentingnya customer service adalah memberikan informasi. Namanya juga CS, mereka akan memberikan segala informasi akurat terkait barang atau jasa dari perusahaan. Maka dari itulah mengapa seorang CS harus memiliki pengetahuan yang luas.

3. Memberikan Solusi

Segala komplen atau keluhan dari pelanggan akan ditangani dengan pemberian solusi. CS tidak hanya sebatas menerima saja, tapi bagaimana perannya dalam mencari jalan keluar dari setiap permasalahan yang masuk.

4. Memberikan Kepuasan Pelanggan’

Manfaat berikutnya berkaitan dengan kepuasan pelanggan. Setiap pelanggan yang datang akan diberikan kepuasan. Bagaimana cara mereka melakukannya?

Customer service akan melayani dengan sapa, senyum, dan sopan. Tiga poin yang diterapkan CS untuk mencapai kepuasan pelanggan.

Bagimana sobat? Sudah jelas bukan betapa pentingnya customer service? Selamat beraktivitas kembali!

Baca Juga: Cara Membuat Kata Pengantar

Related Blog

Leave a CommentYour email address will not be published.