Cara Membiasakan Menulis

Cara Membiasakan Menulis Agar Lebih Konsisten

4.8/5 - (9 votes)

Penerbit Buku – Dengan menulis berarti sedang mengekspresikan jiwa, ungkapan perasaan dan pikiran yang dituangkan ke dalam bentuk tulisan. Jika benar-benar menekuni dunia kepenulisan dan senang dengan hal itu, harusnya tidak akan kesulitan jika suatu hari ada yang meminta untuk menulis. Saat ini ada banyak penulis yang selalu membagi kisah inspiratifnya kepada para penulis pemula seperti kita.

Pendahuluan

Untuk menjadi penulis yang profesional sangatlah membutuhkan kesabaran, ritme waktu, dan kita harus yakin bahwa kita itu bisa. Usaha nyata adalah hal paling intim yang menentukan berhasil atau tidaknya kita.

Para penulis terkenal sekalipun, tidak akan nama mereka terpampang di berbagai buku best seller jika tidak ada usaha yang mereka lakukan. Mereka terus berusaha untuk menciptakan sebuah karya tulis sesempurna mungkin, bahkan rela harus mengorbankan waktunya.

Mereka pasti melewati masa-masa seperti itu namun dengan ketekunan, kesabaran, hingga akhirnya berhasil menjadi penulis terkenal dan sukses sesuai apa yang diharapkannya. Dan kita sebagai penulis pemula bisa mengikuti jalan mereka dengan syarat tekun dan sabar, serta jangan memikirkan popularitas dan ingin menghasilkan uang terlebih dahulu. Ketika akan menulis, yang pertama harus lakukan adalah mambangun kebiasaan terlebih dahulu.

Membangun kebiasaan menulis merupakan hal yang harus dilakukan. Menulis pada dasarnya memang merupakan keterampilan dan kebiasaan. Pada saat menulis, penulis tidak langsung bisa menulis dalam jumlah kata yang banyak.

Diperlukan lagi berbagai proses untuk mencapai penulisan dengan jumlah kata yang banyak sampai ribuan. Dalam membiasakan untuk selalu mengembangkan ide tulisan juga perlu dilakukan dengan baik, salah satunya kemampuan menyusun kata atau kalimat yang baik. Maka dari itu perlu tahu bagaimana cara membiasakan menulis.

Hal ini ada karena menulis tidak hanya membutuhkan pengetahuan, tetapi juga bagaimana cara agar penulis bisa saling berkomunikasi dengan pembacanya melalui tulisan tersebut.

Setelah keterampilan menulisnya berkembang dan wawasan tentang pengetahuan menulisnya bertambah, barulah penulis bisa menulis di berbagai wadah seperti menulis buku, artikel, website, dan pekerjaan menulis lainnya. Sehingga apa yang ditulisnya dapat dinikmati oleh khalayak banyak.

Baca Juga: Tips Mengerjakan Tugas Mahasiswa

Cara Membiasakan Menulis Setiap Hari

Untuk bisa membiasakan diri dalam menulis harus mengikuti langkah-langkahnya terlebih dahulu. Berikut cara membiasakan diri dalam menulis :

1. Kerjakan Tulisanmu Dengan Senang Hati

Kalau menulis ini menjadi hobi, perlakukanlah hobi ini seperti hobi yang lain. Karena dengan mengerjakan hobi itu bisa menyegarkan pikiran, memperbaiki suasana hati, dan yang lainnya. Jika terus mengerjakan hobi menulis, pasti akan selalu termotivasi oleh diri sendiri atas apa yang dikerjakan.

Lebih akan beruntung jika hobi ada yang menghargai dengan cara membeli karyanya dan tentu saja bisa menghasilkan uang. Maka lakukanlah kegiatan yang disukai dengan senang hati, urusan uang pasti akan mengikuti.

2. Menganggap Menulis Sebagai Pekerjaan

Banyak pemula yang berfokus pada pembangunan diksi yang indah, kalimat yang bernalar, dan ide yang mengesankan sampai-sampai dia lupa bahwa hal terbaik dari segala aktivitas yang harus dilakukan adalah sifat konsisten yang berkesinambungan. Banyak penulis yang berakhir bunuh diri karena mereka merasa tidak bisa menulis lagi.

Lihat Juga: Pengertian Menulis

3. Tulis Kebiasaan Menulis

Seperti yang sering motivator sarankan kepada kita untuk selalu berkomitmen pada suatu hal, yang dalam ini adalah berkomitmen untuk melakukan kebiasaan menulis. Jadi, tulislah sebuah kalimat yang mengutarakakan komitmen tersebut termasuk informasi-informasi yang lainnya.

Misalnya tulislah dalam secarik kertas apa saja yang berisikan motivasi mengenai kepenulisan. Hal itu akan selalu mengingatkan kepada komitmen yang telah dibuat sebelumnya.

4. Menulis Setiap Hari Pada Waktu yang Sama

Cara membiasakan menulis ini cukup membantu. Pilihlah waktu yang dirasa adalah waktu terbaik dan memungkinkan bahwa tidak ada hal lain yang akan mengganggu. Putuskan semua itu dan mulailah untuk melakukannya setiap hari. Dan carilah pemicu agar kalian bersemangat untuk melakukan kegiatan menulismu.

5. Beri Batasan Waktu

Penulis perlu membangun kebiasaan dengan memberikan batasan waktu ketika menulis. Setiap orang tentu memiliki kegiatan, sehingga perlu ditetapkan batasan waktu menulis harian. Jika seorang penulis wajib menulis selama 30 menit dalam satu hari.

Jangan khawatir jika akan mendapat target tulisan sedikit, yang terpenting waktunya pengerjaannya tepat. Memberi batasan waktu untuk menulis ini penting bagi pemula, karena nantinya akan mengetahui sejauh mana kemampuan menulisnya dalam 30 menit apakah semakin membaik dan berkembang atau tidak.

6. Tetapkan Tujuan Menulis

Menetapkan tujuan menulis adalah hal yang penting, karena sebelum melakukan pekerjaan seseorang harus tahu apa yang akan dikerjakan dan apa tujuan yang akan didapatnya. Misalnya saat menulis essay, tetapkanlah tujuan kemana essay itu akan ditulis.

Tulis dengan sesuai ketentuan yang telah ditentukan dan tidak boleh melenceng dari yang sudah ditetapkan. Dengan cara seperti itu, maka penulis tidak perlu lagi memaksakan diri untuk mendapatkan karya yang bagus seperti orang lain.
Yang perlu dilakukan oleh seorang penulis adalah mengetahui tujuan menulis dan menjadi rutinitas sehingga mampu membangun kebiasaan dalam menulis.

Itulah cara membiasakan menulis agar lebih konsisten yang harus dilakukan oleh seorang penulis agar tulisannya bisa maju dan berkembang. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk kita semua yang yang membacanya dan semoga bisa tersampaikan kembali kepada khalayak banyak. Terima kasih

Artikel Terkait: Tips Menjadi Penulis Terkenal

Related Blog

Leave a CommentYour email address will not be published.