Kelebihan dan Kekurangan Jurnal

Kelebihan dan Kekurangan Jurnal yang Wajib Diketahui

4.7/5 - (7 votes)

Penerbit Buku – Jurnal ilmiah merupakan sarana komunikasi antar komunitas dalam bidang keilmuan tertentu. Dengan ini, antara ilmuwan dapat saling berinteraksi satu sama lain dan dapat saling mengisi untuk membangun suatu bidang keilmuan yang relevan dan kekinian. Kelebihan dan kekurangan jurnal apa saja yang harus diketahui?

Menulis jurnal tidak dapat dipisahkan dari orang yang berprofesi sebagai dosen. Menerbitkan jurnal ilmiah menjadi salah satu cara untuk mendiseminasi hasil penelitian dalam kedisiplinan atau subdisiplin ilmu tertentu. Publikasi jurnal ilmiah pada umumnya dimasukan ke dalam bentuk artikel yang meliputi laporan penelitian, review literatur, proposal mengenai teori yang belum diuji atau artikel opini.

Bentuk artikel yang dipublikasi sangat bergantung pada kebijakan institusi jurnal itu sendiri atau penerbit jurnal. Artikel yang ditulis dalam jurnal ilmiah diproduksi oleh individu dalam komunitas ilmuwan. Komunitas ilmuwan itu sendiri bisa terdiri dari berbagai golongan seperti mahasiswa, guru, dosen, peneliti, profesor, jurnalis dan sebagainya.

Penulisan jurnal bisa dilakukan secara individual maupun secara kolektif. secara umum sudah kita ketahui bahwa artikel yang akan ditulis harus bersifat ilmiah, yang artinya dalam memproduksinya harus melalui proses penelitian yang menerapkan metode ilmiah.

Jurnal ilmiah juga dinilai sebagai salah satu sumber pengetahuan yang memiliki proses pembuatan yang tergolong rumit, sehingga membuatnya tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Yang akan kita bahas kali ini adalah kelebihan dan kekurangan jurnal.

Pengertian Jurnal Ilmiah

Jurnal ilmiah adalah sebuah publikasi yang diterbitkan secara berkala oleh suatu organisasi profesi atau institusi pendidikan yang memuat artikel berisikan produk pemikiran ilmiah secara empiris maupun secara logis dalam bidang ilmu tertentu.

Jurnal ilmiah juga dapat didefinisikan sebagai bentuk publikasi ilmiah yang memuat hasil penelitian pada kegiatan pada bidang keilmuan tertentu, baik berupa hasil pengamatan secara empirik maupun kajian konseptual, yang mengemukakan penemuan baru maupun koreksi pengembangan dan penguatan terhadap paradigma konsep prinsip hukum dan teori yang sudah ada.

Isi dari jurnal ilmiah adalah artikel ilmiah yakni tulisan yang berisi laporan sistematis mengenai hasil kajian atau penelitian yang disajikan bagi masyarakat tertentu, yang merupakan audiens khusus untuk menyampaikan hasil kajian dan kontribusi penulis artikel kepada mereka untuk dipikirkan, dikaji kembali, dan diperdebatkan baik secara lisan maupun secara tulis.

Yang dimaksud dengan laporan sistematis adalah laporan yang disusun sesuai struktur dan format yang berlaku dalam jurnal ilmiah. Sedangkan yang dimaksud dengan hasil kajian adalah hasil pemikiran yang intensif tentang suatu topik, sedangkan hasil penelitian yang pada umumnya lebih spesifik karena harus melibatkan data yang akan dipublikasikan pada media jurnal ilmiah. Sebelum ke pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan jurnal, kita juga harus tau tujuan dibuatnya.

Lihat Juga: Pengertian Pembelajaran Daring

Tujuan Dari Pembuatan Jurnal Ilmiah

Pembuatan jurnal ilmiah bertujuan untuk mengembangkan sebuah penelitian yang telah dituliskan serta bisa dijadikan sebagai bahan acuan kembali oleh para peneliti lain yang akan melakukan penelitian pada bidang yang sama. Jurnal ilmiah mempunyai cakupan materi yang luas juga sangat padat. Jurnal memang hanya terdiri dari beberapa halaman saja namun setiap kalimat-kalimatnya berisi ilmu pengetahuan.

Fungsi Jurnal Ilmiah

Berikut ini adalah fungsi utama dari jurnal, yaitu:

  1. Sebagai sarana komunikasi antara para ilmuwan
  2. Penyebaran (diseminasi) hasil-hasil penelitian
  3. Pengembangan budaya akademik di perguruan tinggi
  4. Sebagai pertukaran informasi untuk menghasilkan ide-ide baru dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi

Aspek penting pendukung keberadaan jurnal ilmiah di perguruan tinggi, antara lain:

  1. Sarana pelatihan menulis untuk para dosen
  2. Sebagai sumber pengetahuan baru
  3. Dapat digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan angka kredit
  4. Sebagai pengangkat citra nama baik perguruan tinggi

Jenis-Jenis Jurnal

1. Jurnal Penelitian

Jurnal penelitian adalah jurnal yang berisi laporan hasil penelitian yang sebelumnya telah dilakukan dengan menggunakan metode ilmiah. Biasanya laporan jurnal ilmiah dimasukkan ke dalam kumpulan terbitan jurnal yang berisikan hasil-hasil penelitian orang lain.

2. Jurnal Cetak

Jurnal cetak adalah jurnal yang ditulis oleh seorang atau kumpulan peneliti yang berikutnya disebarluaskan melalui media cetak. Namun dengan kemajuan zaman, kini jurnal cetak sudah mengalami penurunan karena banyaknya yang menggunakan E-journal.

Baca Juga: Cara Membuat Karangan

3. Jurnal Elektronik atau Online

Jurnal elektronik atau e-journal adalah istilah untuk menggambarkan sebuah publikasi berkala yang diterbitkan dalam bentuk digital kemudian bisa diakses melalui platform yang telah disediakan dengan menggunakan jaringan internet.

4. Jurnal Nasional

Menurut pasal 20 Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, jurnal nasional adalah sarana publikasi penerbitan jurnal yang bersifat nasional. Dan menjadi salah satu dari jenis karya ilmiah yang menjadi petunjuk adanya pengembangan ilmu teknologi.

5. Jurnal Internasional

Jurnal ini berisikan naskah-naskah yang bersifat internasional. Oleh karena itu, bahasa yang digunakannya pun menggunakan bahasa internasional.

6. Jurnal Internasional Bereputasi

Mengutip dari tatanan kelola jurnal oleh Kemenristek DIKTI, jurnal internasional bereputasi adalah jurnal yang memenuhi kriteria yang telah terindeks oleh database internasional. Indeksasi adalah proses untuk mendaftarkan suatu jurnal pada lembaga pengindeks bereputasi, yang mana lembaga ini akan membantu pemilik jurnal yang bersangkutan untuk mempublikasikan jurnalnya kepada publik.

Kelebihan Dan Kekurangan Jurnal

Berikut ini adalah pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari jurnal. Diantaranya:

Kelebihan

  1. Pembahasannya sangat detail dan terperinci
  2. Menyajikan abstrak dan kesimpulan
  3. Disusun dengan menggunakan prosedur atau tahapan tertentu
  4. Menggunakan bahasa yang lugas

Kekurangan

  1. Tidak memberikan ruang bagi masyarakat untuk memberikan respon
  2. Tidak mendorong dilakukannya penelitian lanjutan
  3. Terkadang mengandung istilah yang hanya berlaku pada bidang tertentu

Itulah sedikit pembahasan mengenai pengertian,kelebihan dan kekurangan jurnal dan pembahasan lainnya. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua yang membacanya dan bisa menyampaikan kembali kepada khalayak luar. Terima kasih

Artikel Terkait: Cara Membuat Jurnal Skripsi Mudah

Related Blog

Leave a CommentYour email address will not be published.